PANDEMI, TANTANGAN TERBESAR PILKADA

 on Wednesday, October 28, 2020  

 


WWW.BERITAKAPUAS.COM||SINTANG. Pandemi virus corona mengakibatkan Pilkada 2020 yang seharusnya berlangsung pada 23 September 2020 itu mundur. Pesta demokrasi lima tahunan dijadwalkan akan berlangsung pada akhir 2020 di berbagai daerah.


Merujuk pada Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Nomor 2 Tahun 2020 tentang Pilkada yang diteken Presiden Joko Widodo pada 4 Mei 2020. Pilkada 2020 akan berbeda dengan pesta demokrasi sebelumnya karena dilakukan di tengah masa pandemi. Ada tantangan besar pelaksanaan pilkada di tengah masa pandemi.


Anggota DPRD Sintang, Liyus menyebutkan ada tantangan besar dalam pilkada kali ini. Salah satunya adalah memastikan bahwa protokol kesehatan benar-benar diterapkan dengan baik. 


"Yang paling penting adalah bagaimana KPU memastikan protokol kesehatan dilakukan dengan baik oleh setiap petugas di lapangan pada setiap tahapan," ujar Liyus, Rabu (28/10).


Menurut Politisi dari Partai PKP Indonesia pengawasan aturan itu harus dilakukan dengan ketat. Bahkan, jika perlu diberlakukan sanksi, khususnya kepada kandidat. Agar selama masa kampanye jangan sampai tercipta klaster-klaster baru.


"Harus ada law enforcement agar kandidat taat karena Pilkada ini kan subjeknya kandidat," lanjut Liyus.


Tantangan lainnya adalah potensi munculnya money politic di tengah krisis pandemi ini. Menurutnya potensi money politic bisa saja terjadi karena pandemi ini banyak merusak perekonomian masyarakat juga.


"Di tengah pendidikan politik untuk menolak money politic itu tak maksimal, kondisi sulit, dan sikap publik yang masih mentolerir adanya money politic, itu membuat potensi money politic akan meningkat," ujar Liyus. (ina)


PANDEMI, TANTANGAN TERBESAR PILKADA 4.5 5 Marselina Wednesday, October 28, 2020   WWW.BERITAKAPUAS.COM||SINTANG. Pandemi virus corona mengakibatkan Pilkada 2020 yang seharusnya berlangsung pada 23 September 2020 itu mund...


Search This Blog

Powered by Blogger.

Contributors

Sports

Media

Contact Form

Name

Email *

Message *