TUAH MANGASIH: MARI BIJAK MENGGUNAKAN MEDSOS

 on Saturday, October 17, 2020  

 


WWW.BERITAKAPUAS.COM||SINTANG. Saat ini semua berita dapat diakses melalui smartphone. Dalam hitungan detik, informasi dari berbagai daerah didapat hanya dalam satu genggaman. Kecepatan akses tersebut dimanfaatkan oleh orang-orang tak bertanggung jawab untuk menyebarkan berita kebohongan (hoax).

 

Maraknya berita bohong atau hoaks yang beredar di media sosial cukup meresahkan masyarakat harus menjadi perhatian bersama terutama pada masa kampanye Pilkada Sintang 2020.


Menanggapi hal itu, anggota DPRD Sintang, Tuah Mangasih mengimbau masyarakat Sintang terutama generasi milenial untuk bijak menggunakan media sosial,


"Ujaran kebohongan biasanya didapat dari grup WhatsApp dan media sosial. Generasi milenial harus dapat mengecek dahulu apakah informasi benar atau tidak. Jangan langsung menyebarkan ke teman yang lain. Itu berarti Anda juga ikut menyebarkan hoax," ucap pria yang akrab disapa Pak Tuah ini kepada awak media kami, Sabtu (17/10).


Pak Tuah memaparkan bahwa ada hukuman bagi siapapun pembuat dan penyebar hoax. Dari mulai Undang-Undang ITE Nomor 11 Tahun 2008 Pasa 28, Pasal 310 KUHP Pidana pencemaran nama baik, dan pasal 311 KUHP Pidana tentang fitnah. 


"Biasanya berita hoax tidak memiliki sumber yang jelas, sehingga tak ada yang bertanggung jawab. Terus ikuti berita dari portal resmi agar terhindar dari hoax. Jika ada yang mengetahui postingan berita hoax di media sosial, langsung saja memilih pilihan laporkan agar bisa ditangani pihak berwajib," tutur Pak Tuah. “Jadi sebelum jari kita menekan tombol share atau mengirimkan pesan berantai yang mulai viral maka baiknya menanyakan beberapa hal ini terlebih dahulu. Jangan sampai pakai smartphone tapi orangnya tidak tidak smart dan tidak bijak," pesan politisi PDI Perjuangan ini. (ina)


TUAH MANGASIH: MARI BIJAK MENGGUNAKAN MEDSOS 4.5 5 Marselina Saturday, October 17, 2020   WWW.BERITAKAPUAS.COM||SINTANG. Saat ini semua berita dapat diakses melalui smartphone. Dalam hitungan detik, informasi dari berbagai daera...


Search This Blog

Powered by Blogger.

Contributors

Sports

Media

Contact Form

Name

Email *

Message *