CUACA MEMBURUK, MASYARAKAT TINGKATKAN KESIAPSIAGAAN BENCANA

 on Thursday, November 12, 2020  

 


WWW.BERITAKAPUAS.COM||SINTANG. “Berkaca dari bencana alam yang menimpa beberapa daerah di Indonesia, seperti banjir, tanah longsor, dan angin puting beliung, saya berharap Pemkab melalui BPBD dan dinas terkait siap siaga untuk melakukan berbagai upaya, jika terjadi bencana, ” kata anggota DPRD Sintang, Alpius kepada awak media Kamis (12/11).

Mengingat saat ini memasuki musim pergeseran cuaca ekstrim, sehingga mengakibatkan bencana di beberapa daerah di Indonesia. Politisi PKB itu minta Pemerintah Daerah Kabupaten Sintang melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), untuk meningkatkan kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana, seperti banjir, angin puting beliung dan tanah longsor. 

Menurut Alpius, Pemerintah dan masyarkat harus saling bersinergi dalam hal penanggulangan dan kesiapsiagaan terhadap bencana alam. 

“Agar tidak terjadi korban, masyarakat harus diingatkan dan diberikan sosialisasi untuk meningkatkan kewaspadaan. Jika air mulai naik, masyarakat diminta untuk mengungsi ketempat yang aman,” ujar Alpius. 

Alpius berharap Pemkab Sintang melalui dinas terkait meningkatkan koordinasi dan melakukan persiapan-persiapan, mulai dari peralatan, personil dan memetakan daerah-daerah rawan bencana. Ia menyampaikan bahwa cuaca saat ini sulit diprediksi. Namun, jika semuanya elemen mampu berkoordinasi dan berkomunikasi, serta meningkatkan kewaspadaan, maka jika terjadi bencana semuanya sudah siap dengan perannya masing-masing.

“Kesiapsiagaan antara Pemerintah dan Masyarakat itu saling berkaitan dan sangat penting, karena kesiapan masyarakat adalah segala upaya untuk menyiapkan kemampuan masyarakat dapat merespon kejadian bencana secara tepat dan cepat dan juga  antara satu instansi baik pemerintah, aparat maupun swasta harus saling bahu membahu agar bencana bantingsor tidak terjadi dan merugikan semua pihak," ujar Alpius lagi. (ina)


CUACA MEMBURUK, MASYARAKAT TINGKATKAN KESIAPSIAGAAN BENCANA 4.5 5 Marselina Thursday, November 12, 2020   WWW.BERITAKAPUAS.COM||SINTANG. “Berkaca dari bencana alam yang menimpa beberapa daerah di Indonesia, seperti banjir, tanah longsor, dan an...


Search This Blog

Powered by Blogger.

Contributors

Sports

Media

Contact Form

Name

Email *

Message *