MARIA PRIHATIN KARNA SINTANG TERTINGGI AKI DI KALBAR

 on Monday, November 23, 2020  

 


WWW.BERITAKAPUAS.COM||SINTANG. Senin (23/11), Maria Magdalena, selaku anggota DPRD Sintang, menyampaikan keprihatinannya karena Angka Kematian Ibu (AKI) saat melahirkan di Kabupaten Sintang tertinggi di Provinsi Kalimantan Barat.

"Kondisi ini sangat memprihatinkan, bisa menempati posisi teratas dengan AKI tertinggi di provinsi Kalimantan Barat. Pasti ini ada yang salah,” ujar Maria. 

Pernyataan ini disampaikan Maria menanggapi rapat koordinasi Tim Kelompok Kerja Penurunan Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB) di Kabupaten Sintang beberapa waktu lalu.

Maria mengungkapkan, para ibu yang diharapkan menjadi pendidik anak-anak bangsa, masih menghadapi problem besar. AKI di Kabupaten Sintang nomor satu di Kalbar. Ia menyebut bahwa penyebab kematian ibu banyak variasinya. Misalnya karena hipertensi, perencanaan kelahiran yang kurang baik misal di usia rawan atau di usia yang terlalu dini, dan lain sebagainya.

Dikatakannya, hampir semua desa sudah memiliki bidan yang mana hampir semua permasalahan kesehatan, masyarakat desa larinya ke bidan, sehingga maju mundurnya kesehatan berada di tangan bidan.

"Kita harus punya data orang hamil agar bidan lebih intensif dalam mendampingi ibu hamil agar tidak kekurangan gizi dan segera melakukan tindakan apabila memiliki kelaianan kehamilan," kata Maria.

Politisi Partai Demokrat ini menduga pandemi Covid-19 yang memperketat berbagai kegiatan masyarakat, termasuk kegiatan Posyandu, ditenggarai menyebabkan turut menyumbangkan tingginya kasus kematian pada ibu.

“Jadi kita prihatin. Ternyata di masa pandemi Covid-19 ini dari awal Januari hingga November 2020 ternyata kasus ibu hamil dan meninggal saat melahirkan ada 16 kasus,” ungkap Maria (ina)


MARIA PRIHATIN KARNA SINTANG TERTINGGI AKI DI KALBAR 4.5 5 Marselina Monday, November 23, 2020   WWW.BERITAKAPUAS.COM||SINTANG. Senin (23/11), Maria Magdalena, selaku anggota DPRD Sintang, menyampaikan keprihatinannya karena Angka Kema...


Search This Blog

Powered by Blogger.

Contributors

Sports

Media

Contact Form

Name

Email *

Message *