MIA: APBDes HARUS MENDUKUNG UNTUK MENURUNKAN AKI DAN AKB

 on Tuesday, November 24, 2020  

 


WWW.BERITAKAPUAS.COM||SINTANG. Anggota DPRD Sintang, Kartimia Mawarni mendukung upaya Pemerintah Kabupaten Sintang dalam menurunkan angka kematian ibu dan bayi. Dalam hal ini ia menghimbau agar pemerintah desa bisa memperhatikan dan memberikan anggaran dalam APBDes untuk menurunkan kasus ini. 

Politisi Nasdem ini menanggapi pernyataan Sekda Kabupaten Sintang yang disampaikan Asisten Perekonomian dan Pembangunan Yustinus J memimpin jalannya rapat koordinasi Tim Kelompok Kerja Penurunan Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB) di Kabupaten Sintang.

"Kita sangat setuju dan hal itu perlu didukung. Ini masalahnya sudah krusial karna Kabupaten Sintang diperingkat pertama untuk AKI dan diurutan kedua untuk kasus AKB. Dua-duanya kabar buruk bagi kita. Jadi sudah sangat wajarlah jika pemerintahan desa memperhatikan dan bekerjasama menurunkan AKI dan AKB melalui anggaran di APBDes-nya. Saya dukung itu!" tegas Mia, Selasa (24/11).

Mia mengungkapkan, guna menekan AKI-AKB tersebut, dirinya mengungkapkan, ada serangkaian program yang harus dilakukan pemerintah kabupaten dan desa. Disamping itu ada sejumlah hal yang menjadi penyebab AKI-AKB. Di antaranya urusan gizi, anemia, hipertensi, dan penyebab lain. Hal yang tak kalah penting yang kurangnya kesadaran keluarga dalam menyiapkan proses kelahiran.

"Di antaranya meningkatkan layanan kesehatan serta merevitalisasi puskesmas, puskesmas pembantu (pustu), dan pondok bersalin desa (polindes)," ujar Mia.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Kabupaten Sintang Herkulanus Roni menegaskan bahwa pihaknya sebagai organisasi yang berhubungan langsung dengan pemerintahan desa siap memberikan dukungan penuh dalam upaya menurunkan bahkan meniadakan kasus kematian ibu dan bayi di Kabupaten Sintang. (ina)


MIA: APBDes HARUS MENDUKUNG UNTUK MENURUNKAN AKI DAN AKB 4.5 5 Marselina Tuesday, November 24, 2020   WWW.BERITAKAPUAS.COM||SINTANG. Anggota DPRD Sintang, Kartimia Mawarni mendukung upaya Pemerintah Kabupaten Sintang dalam menurunkan angka ...


Search This Blog

Powered by Blogger.

Contributors

Sports

Media

Contact Form

Name

Email *

Message *